Selasa, 07 September 2010

Sejarah Singkat

Madrasah Aliyah Miftahul Huda didirikan pada tanggal bulan  tahun 1986 berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda yang beralamat di Jalan Rancasari Dalam No. B 33 Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang. Secara yuridis formal mendapatkan izin operasional penyelenggaraan dari Kantor Departemen Agama Provinsi Jawa Barat yang didasarkan pada SK Kakanwil . Salah satu faktor yang menjadi latar belakang pendirian Madrasah Aliyah ini adalah untuk memfasilitasi dan mewadahi alumni Madrasah Tsanawiyah yang dibina oleh YPI Miftahul Huda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA yang lebih dekat dengan tempat tinggal dan biaya relatif terjangkau.Pada saat pendirian, sebagai perintis siswa kelas 1 tahun pelajaran 1986/1987 terdaftar sebanyak 53 orang, terdiri dari 20 laki-laki dan 23 perempuan, semuanya merupakan alumni pertama dari MTs Miftahul Huda. Kegiatan belajar-mengajar dilakukan menggunakan gedung milik MI Miftahul Huda. Sebagai bentuk penghargaan sebagai perintis dan pendiri, maka pihak yayasan memberikan amanat kepada Drs. H. Hasanuddin sebagai kepala madrasah. 
Seiring dengan kepercayaan dari pemerintah melalui Departemen Agama, status kepala madrasah ditingkatkan menjadi kepala definitif berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No.: B.II/3/6927/1987.  Sebagai wujud tanggung jawab dari kepercayaan tersebut berbagai upaya senantiasa terus dilakukan oleh kepala madrasah dan pengurus yayasan dalam membangun sarana fisik dan pendukung pendidikan lainnya. Dan Alhamdulillah akhirnya, Madrasah Aliyah memiliki ruang kelas sendiri yang berdiri di atas tanah hak milik hasil wakaf dari keluarga H. Sanusi dan masyarakat Rancasari, sedangkan bantuan dari pemerintah melalu Depertemen Agama dan Pemerintah Daerah berupa biaya ruang kelas tambahan dan rehab.
Selain peningkatan sarana-prasarana pendidikan, MA Miftahul Huda juga mendapatkan status akreditasi madrasah kategori B berdasarkan SK Dirjen Binbaga Islam No. B/kw.10.4/MA/13/002/2006. Proses pembelajaran senantiasa mengacu pada  kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional.
Pada tahun 2009/2010, di bawah kepemimpinan Drs. H. Hasanuddin, M.Pd.I., MA Miftahul Huda telah memiliki fasilitas pendidikan yang memadai seperti: Ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer berbasis internet dengan dukungan tenaga profesional berlatar belakang pendidikan S.1 dan S.2 siap mewujudkan visi dan misinya.

Label: